Jumat, 22 Maret 2019

5 Negara Maju Di Benua Asia

1.Jepang
Jepang adalah sebuah negara Kepulauan yang terletak di Benua Asia bagian Timur (Asia Timur). Sebagai Negara Kepulauan, Jepang memiliki sekitar 6.852 pulau besar maupun kecil. Pulau-pulau utama Jepang diantaranya adalah Pulau Hokkaido, Pulau Honshu, Pulau Shikoku dan Pulau Kyushu. Jepang juga merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia yaitu sekitar 29.751 km2. Pulau Honshu merupakan pulau Terbesar di Jepang. Ibukota Jepang yaitu Kota Tokyo terletak di Pulau Honshu ini.
2.Arab Saudi
Arab Saudi atau Saudi Arabia adalah salah satu negara penghasil dan pengekspor minyak terbesar di Dunia yang berada di kawasan Asia Barat Daya (kawasan Timur Tengah). Negara yang mencakup hampir seluruh semenanjung Arabia dan memiliki nama lengkap Kingdom of Saudi Arabia (Kerajaan Arab Saudi) ini memiliki luas wilayah sebesar 2.149.690 km2dengan jumlah penduduk sebanyak 28.571.770 jiwa (data 2017). Mayoritas penduduknya adalah etnis Arab yang beragama Islam. Bahasa resmi Arab Saudi adalah bahasa Arab.
3.Korea Selatan
Korea Selatan adalah negara yang terletak di semenanjung Korea, Asia Timur. Semenanjung Korea yang sebelumnya merupakan wilayah untuk satu negara yaitu negara Korea yang saat ini terpisah menjadi dua negara (Korea Selatan dan Korea Utara) karena perang saudara. Korea Selatan membentuk negara tersendiri dan menamakannya sebagai Republik Korea (Republik of Korea) pada tahun 1948.
4.Qatar
Qatar adalah sebuah negara kaya yang terletak di semenanjung Arab, Timur Tengah Asia Barat. Pendapatan Perkapita Qatar yang sangat tinggi yaitu sebesar US$. 129.700,- menjadikannya sebagai negara Terkaya di Dunia. Tulang punggung perekonomiannya adalah industri pertambangan Gas Alam dan Minyak Bumi. Qatar merupakan pengekspor Gas alam terbesar ke-2 di dunia dengan jumlah ekspornya 118,9 miliar meter kubik (data 2014). Qatar juga tercatat sebagai negara pengekspor minyak bumi terbesar di dunia yaitu sebesar 1,303 juta barrel per hari (2013). Pendapatan Domestik Bruto (PDB) berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$ 334,5 miliar.
5.Singapura
Singapura adalah sebuah negara maju yang terletak di Asia Tenggara. Negara pulau yang hanya memiliki luas wilayah 697 km² ini memegang peranan penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Negara yang sebelumnya merupakan koloni Inggris ini pernah bergabung ke Federasi Malaysia pada tahun 1963 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Namun dua tahun kemudian yaitu tahun 1965, Singapura berpisah dengan Federasi Malaysia dan resmi menjadi negara yang berdaulat. Tanggal 9 Agustus 1965 yaitu tanggal berpisahnya Singapura dengan Federasi Malaysia diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Negara Maju Di Benua Asia

1.Jepang Jepang adalah sebuah negara Kepulauan yang terletak di Benua Asia bagian Timur (Asia Timur). Sebagai Negara Kepulauan, Jepang memi...